Siapa pemenang SEA Games 2022 sepak bola?

Vietnam merupakan juara bertahan sepak bola putra SEA Games setelah mengalahkan Indonesia di final 2019.

Akan tetapi, The Golden Star tidak lagi berani pasang target tinggi untuk SEA Games yang digelar di rumah sendiri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pilihan Redaksi

  • STY Keras Kepala, Pertahankan Piala AFF U-23 dengan Pemain Baru
  • Indonesia Batal Lawan Bangladesh di FIFA Match Day
  • Jokowi Larang Unboxing Motor Pembalap MotoGP Mandalika

Dikutip dari Laodong, Direktur Pusat Pelatihan Olahraga Nasional Vietnam, Nguyen Manh Hung, mengatakan peluang mereka juara di kategori putra relatif berat.

"Tinggal tiga bulan lagi menuju SEA Games ke-31. Ini tantangan. Akankah kita menang di SEA Games ini? Tidak sederhana," ujar Manh Hung.

"Sepak bola putra menang? Saya pikir itu sangat sulit," ucap Manh Hung menambahkan.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong incar juara SEA Games 2022. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Dalam kesempatan itu Manh Hung menjabarkan sejumlah aspek yang membuat timnas Vietnam sulit kembali meraih medali emas sepak bola putra SEA Games. Manh Hung menyebut peluang juara ada pada timnas putri Vietnam.

"Semua pelajaran dari pelatih Park Hang Seo, telah dipelajari oleh semua negara. Kekuatan atlet kita, kualitas pemain semakin buruk," tutur Manh Hung.

"Sebagus [Doan] Van Hau, tidak lagi dalam performa terbaik, jadi sangat sulit memenangkan medali emas di sepak bola pria. Sepak bola wanita masih memungkinkan," kata Manh Hung melanjutkan.

[Gambas:Video CNN]

Target realistis bagi timnas Vietnam di SEA Games 2022 di mata Manh Hung adalah final.

"Tim sepak bola putra kami setidaknya ingin mencapai final, dan tim putri meraih medali emas," ucap Manh Hung.

SEA Games 2022 yang digelar pada Mei nanti jadi salah satu target pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong. Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, selain Piala AFF U-23, SEA Games 2022 juga perlu dimenangkan.

Vietnam berhasil mempertahankan torehan medali emas di SEA Games 2021 (2022). (REUTERS/CHALINEE THIRASUPA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Vietnam U-23 berhasil mempertahankan torehan medali emas usai mengalahkan Thailand U-23 1-0 pada final sepak bola SEA Games 2021 (2022) di Stadion My Dinh, Hanoi, Minggu (22/5) malam.

Hasil ini membuat Vietnam mengulangi prestasi mereka di SEA Games 2019. Ketika itu tim asuhan Park Hang Seo juga meraih medali emas setelah mengalahkan Timnas Indonesia di partai final.

Vietnam langsung mendapatkan peluang saat pertandingan baru berjalan dua menit. Nguyen Tung Van melepaskan tembakan yang masih berada di sisi gawang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pilihan Redaksi

  • Sejarah Tercipta, Indonesia Rebut Emas Basket SEA Games
  • Ernando Ari, Pahlawan Timnas Indonesia Rebut Perunggu SEA Games
  • STY Senang Indonesia Kalahkan Malaysia dengan 2 Cadangan

Skuad asuhan Park Hang Seo semakin bersemangat untuk bisa menciptakan gol cepat. Alhasil, Thailand dipaksa bertahan untuk menahan gempuran pasukan tuan rumah.

Vietnam pun kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol pada menit ke-19. Sundulan Nguyen Tien Linh memanfaatkan umpan silang sebenarnya mengarah ke gawang tetapi masih muda diantisipasi Kawin Thamsatchanan.

Tien Linh semakin bersemangat untuk menciptakan gol usai mendapatkan peluang pertamanya. Kali ini tembakan spekulasi dilepaskan penyerang berusia 24 itu dari luar kotak penalti tetapi masih jauh dari sasaran.

Thailand baru bisa keluar dari tekanan Vietnam mendekati akhir babak pertama. Jonathan Khemdee melepaskan sundulan memanfaatkan umpan sepak pojok yang masih berada di atas mistar gawang.

Setelah itu Vietnam dan Thailand tetap belum mampu menciptakan gol. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Thailand memulai babak kedua dengan baik. Tim yang diarsiteki Alexandre 'Mano' Polking bahkan begitu percaya diri memainkan tempo permainan.

Hanya saja penguasaan bola itu tidak lantas membuat Thailand bisa leluasa menciptakan peluang. Disiplinnya pertahanan The Golden Stars membuat Thailand tak mudah memberikan ancaman.

Pada menit ke-70, Vietnam menebar ancaman. Umpan dari sisi kanan penyerangan mengarah ke Nham Manh Dung tetapi bola bisa disapu pemain belakang Thailand.

Serangan yang gencar dilakukan oleh Vietnam akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-84. Umpan silang dari sisi kiri penyerangan mampu dimanfaatkan Nham Manh Dung melalui sundulan untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Pada masa injury time, Thailand mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol penyama kedudukan. Hanya saja tembakan Nakin Wisetchat masih berada di atas mistar gawang Vietnam.

Setelah itu tidak ada gol lagi yang tercipta. Vietnam keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0 untuk meraih medali emas sepak bola SEA Games 2021 (2022).

Siapa juara SEA Games 2022 Bola?

Tim sepakbola celebral palsy Indonesia meraih kemenangan pertamanya di ASEAN Para Games 2022 usai mengalahkan Thailand dengan skor 3-2.

SEA Games 2022 Timnas sepakbola Indonesia mendapat medali apa?

Bola.net - Timnas Indonesia U-23 harus melalui perjuangan berat untuk meraih medali perunggu dari cabang olahraga sepak bola SEA Games 2022. Pada akhirnya, mereka berhasil meraihnya usai mengalahkan Malaysia lewat drama adu penalti.

Siapa top skor SEA Games 2022?

Dua pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman berada di puncak perburuan top skor SEA Games 2021 (2022).

Peringkat berapakah Indonesia di SEA Games 2022?

Sementara itu Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan membawa pulang 241 medali, terdiri dari 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Adapun Indonesia berhasil menambah 10 emas pada hari terakhir gelaran SEA Games 2021, Minggu (22/5/2022).

Toplist

Última postagem

Tag